HP Oppo Find 5 Mini R827 Mati Total

Wuih kalau ingat pengalaman HP Oppo yang baru saya beli tiba-tiba mati total dan gak mau dinyalain nyesek banget rasanya, maklum tuh duit buat beli hasil nabung puluhan tahun (hehehe...lebay). Tapi benar waktu itu saya benar-benar panik, apalagi ngebayangin kalau harus servis ke service center nya Oppo wah bisa hitungan bulan baru kelar. Dengan hati galau, terus saja saya otak atik tuh hp tapi tetap saja tidak mau nyala, saya coba charge juga tidak muncul tanda-tanda kehidupan (tanda pengisian daya), saya coba utak atik lagi kabel charge-nya tetap tidak connect, saya pikir ini barangkali kabel charge-nya yang rusak  kemudian saya pakai nge-charge ke HP lain ternyata bisa, wah ini berarti memang problemnya di HP, lalu saya coba buka chip kartu maupun micro SD nya tetap saja bergeming, tak mau menyerah kemudian saya browsing di google cari referensi untuk mengatasi masalah ini, disana banyak blog yang mengupas masalah seperti yang saya alami ini tapi poin solusinya sama yaitu Recovery Mode alias disuruh pencet tombol Power dan tombol Volume secara bersamaan dalam waktu yang agak lama. Sayapun mencoba berkali-kali cara itu tapi rupanya tak mempan juga, akhirnya dengan pikiran jutek saya putuskan menyerah dan bersiap meluncur ke service center nya Oppo. Kartu garansi dan kwitansi pembelian sudah saya siapkan di tas, namun sebelum berangkat tiba-tiba saya kepikiran untuk mencoba satu cara lagi yang terlintas di benak saya. Wauuu..Amazing!!! Alhamdulillah diluar dugaan cara ini sangat ampuh. Senang banget rasanya. Kabut kegelisahan mendadak lenyap dari hati ini...hehehe..
Oh ya lupa belum ngasih tahu caranya ya...? Ternyata caranya gampang sekali, waktu itu saya cuma menyalakan komputer terus nyolokin kabel data HP ke komputer atau tepatnya saya nge-charge HP ke komputer, dan HP yang tadinya tidak bisa di charge sama sekali, seketika muncul tanda pengisian daya, wah saya tambah optimis bakalan berhasil cara ini, akhirnya dengan harap-harap cemas saya coba menekan tombol On-Off atau Power untuk menyalakan hp kesayangan ini, dan tanpa sadar saya berteriak cukup keras dan bikin gaduh seisi rumah, gimana nggak teriak coba, hp yang dengan penuh perjuangan saya beli dan sempat mengalami koma, kini kembali bersinar, menyala dengan normal dan sehat alias hidup kembali, Alhamdulillah.

Setelah kejadian itu, atas petuah dari mbah google saya mengurangi beban memori HP yang baru sembuh tersebut dengan cara menghapus aplikasi atau file-file yg tidak penting dan memindahkan file lama yang penting ke laptop. Selain itu saya juga selalu menjaga dayanya tidak boleh kurang dari 20% agar tidak mati kehabisan daya. Langkah-langkah ini disinyalir untuk menghindari HP ngehang ataupun mati total.

Kalau anda mengalami masalah serupa bolehlah dicoba cara yang sudah saya lakukan dan terbukti berhasil ini. Namun saya tidak menjamin cara ini juga bisa berhasil pada problem HP anda. Pun demikian tidak ada ruginya dicoba kan...?.
Semoga berhasil...

By: Ahmad Munir

24 komentar:

  1. permisi saya mau tnyk jga.hp saya oppo r827.
    Ini hp saya jga mati bang ngk matitotal masi bisa nyala tapi ada tukisan oppo aja dri kmren smpek skrng.pdhl d charge muncul pengisian daya 😞..tolong bantuannya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Coba dilepas dulu mmc/memory cardnya (terlebih yg bukan bawaan oppo), setelah itu hp dinyalain lg dgn kondisi tanpa mmc. Seringkali case kayak gitu gara2 mmc rusak

    BalasHapus
  4. sudah saya charger, sudah lepas mmc, sudah tekan tombol power+volume tapi kenapa belum bisa nyala juga ya? cuma ada tulisannya oppo saja

    BalasHapus
  5. sama gan , udah ane partisi juga malah , Matot 10 Bln

    BalasHapus
  6. Sama dengan hp saya.. ada yg tau crny????

    BalasHapus
  7. Sama dengan hp saya.. ada yg tau crny????

    BalasHapus
  8. Sama dengan hp saya.. ada yg tau crny????

    BalasHapus
  9. Bila semua langkah pertolongan pertama sudah dilakukan tapi tidak berhasil juga, maka selanjutnya adalah harus dibawa ke RS (Rumah Servis) HP. Berdasarkan pengalaman terbaru nih, untuk HP Oppo yang matot kemarin biaya servisnya tidak sampai 300 ribu. Tidak terlalu mahal dibanding harus ganti HP

    BalasHapus
  10. gan hp saya mati total karena,nggk pernah di pakai,bisa nggk cara di atas buat benerin hp saya?

    BalasHapus
  11. Gan hp saya kemarin tiba" mati waktu buka youtube padahal baterai nya masih penuh di hidupin kaga bsa lagi n lw di charger kaga ada tanda pengisian daya tapi hp nya panas gan,, btw hp saya rusak dimananya ia gan?

    BalasHapus
  12. gan mohon bantuannya, oppo r827 saya ini mati total, cuman bisa getar aja, saya coba charger dan saya ambungkan ke laptop sma aja nda bisa nyala, tetap getar

    BalasHapus


  13. permisi saya mau tnyk jga.hp saya oppo r827.
    Ini hp saya jga mati bang ngk matitotal masi bisa nyala tapi ada tulisan oppo aja dri kmren smpek skrng.pdhl d charge muncul pengisian daya 😞..tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootloop itu namanya

      Hapus
    2. itu bootloop. beruntung masih softbrick tinggal flash ulang, cari stockrom yang cocok. jamin nyala lagi

      Hapus
  14. Permisi gan mau tanya !!!
    Hp saya oppo R827, waktu itu saya perbarui sofware'nya, trus mau selesai penginstala tiba" hp saya mati gk bisa hidup ya gan...
    Lalu Saya tekan tombol power + volume juga gk ngrespon sama sekali... tolong bantuan'nya gann!!
    Trimakasih .

    BalasHapus
  15. berarti nggak ada yang work ya pakai firmware ini??

    BalasHapus
  16. haha alhamdulillah berhasil gan....

    BalasHapus
  17. Admin ,hp saya oppo find 5 mini mati total karena kehabisan batrai
    itu gimana solusinya y

    BalasHapus
  18. Dimn bisa beli tombol power on of Oppo find 5 r827. Minta infox

    BalasHapus